HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.83.188.254
Pengunjung : 287.453


Newsflash :
BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH             |             PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |            

Artikel :



MEMOTIVASI ANAK BELAJAR TANPA PAKSAAN


Kamis; 04 June 2015 [Admin TK, TK ST. CAROLUS BENGKULU] - Artikel Umum

Beberapa anak bisa dengan mudah diminta untuk belajar.Namun tidak semua anak suka belajar. Anak-anak lebih suka bermain, daripada belajar.Dunia anak memang dunia bermain.Namun ada kalanya anak-anak benar-benar harus belajar dan membutuhkan konsentrasi.

Apabila anak dipaksa belajar tentu saja memiliki efek yang kurang baik.Misalnya anak menjadi pemberontak,menganggap belajar adalah sesuatu beban.

Motivasi belajar bagi anak tanpa paksaan :

1. Orang tua pembelajar,akan menciptakan anak gemar belajar.

Sebagai orang tua,kita harus bisa memberikan teladan bagi buah hati kita.Bila anak sering melihat orang tua belajar,niscaya anak akan menirunya.Karena kebiasaan orang tua akan cenderung ditirukan oleh anak. Dalam hal ini ,kita harus memiliki prinsip bahwa hidup adalah untuk belajar,bukan hanya belajar untuk hidup.

2. Metode Bermain dan Belajar

Dunia anak adalah dunia belajar dan bermain. Pada saat ini banyak sekali mainan yang mengandung segi edukatif.Mainan –mainan tersebut sangat menarik dan memiliki nilai pendidikan. Dengan mainan edukatuf anak-anak aka diajak belajar tanpa  dipaksa,bahkan bisa menghibur dan menyenangkan hati anak. Misalnya ,permainan dengan menggunakan kartu  bergambar yang bertuliskan kata bahasa Inggris, atau anak-anak diajak untuk melakukan percobaan dengan menggunakan balon, air, telur dan lain-lain.

3. Menjadi Teman Belajar Yang Baik

Motivasi kita pada saat mendampingi anak dalam belajar adalah mengenal dan memperdalam pemahaman orangtua pada kedewasaan anak dalam belajar.Bila anak sudah bisa mendiri dalam belajar ,lebih baik orang tua memberi  kepercayaan bahwa anak kita bisa belajar sendiri. Apabila anak menemukan susah konsentrasi  kita bisa mencarikan jalan keluarnya.

4. Memberi Semangat Dengan Pujian.

Tidak jarang anak-anak kita akan belajar dengan sendirinya,misal saat membaca buku ensiklopedi.Dalam hal-hal kecil inilah kita juga harus memberikan motivasi dengan cara memujinya.

5. Memahami dan Mendukung Anak Dalam Mengembangkan Anak.

Semua anak tentu diberikan kelebihan masing-masing.Setiap anak memiliki tujuan dan makna hidup masing-masing.Bila orangtua belum menemukan bakat anak,kita harus terus berusaha mencari bakat anak terutama yang paling menonjol.Banyak orang tua yang kurang mengenali bakat-bakat yang ada di dalam diri anak-anaknya.Apabila nilai akademik anak belum menunjukkan nilai yang bagus ,jangan pernag kita menghakimi anak,bahwa dia tak bisa apa-apa,sebaliknya kita harus menggali bakat yang lain yang perlu dikembangkan agar anak permotivasi  untuk belajar.

6. Mengapresiasi keberhasilan Anak.

Agar anak semakin merasa bahwa belajar sangat penting,orang tua harus mengapresiasi  anak saat mendapatkan keberhasilan.

                                                                                

7. Suasana ruangan yang menyenangkan dan memadai untuk belajar.

Sediakan ruang belajar khusus buat anak. Bisa diruang tidur atau ruang khusus, yang terpenting jauh dari keramaian dan bersih.Bila perlu kita sediakan ruang perpustakaan pribadi yang bisa dipakai sebagai tempat belajar.

8. Memanfaatkan Lagu dan Dongeng Anak

Anak-anak adalah pribadi yang harus belajar secara berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan.

9. Memahami Kemampuan Belajar Anak

Ada anak yang lebih suka belajar dengan cara melihat,ada pula anak yang lebih suka belajar dengan mendengar.

10. Membiasakan Anak Memiliki Jam Belajar

Buatlah kesepakatan waktu atau jam belajar dalam keluarga.

oleh : MM Sri Indarwati







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :