HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.83.188.254
Pengunjung : 287.441


Newsflash :
BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH             |             PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |            

Artikel :



BERMAIN PUZZLE UNTUK MENGASAH KECERDASAN


Kamis; 04 June 2015 [Admin TK, TK ST. CAROLUS BENGKULU] - Artikel Umum

Permainan Puzzle sudah bukan permainan  yang asing bagi anak-anak.Pada umumnya anak-anak akan terlihat sangat bersemangat dan senang ketika menyusun dan mencocokkan bentuk dan tempat yang sesuai. Anak-anak akan suka memainkan puzzle dengan berbagai macam gambar yang menarik. Puzzle bisa dimainkan anak  mulai dari usia 12 bulan.

                Puzzle bisa memberikan kesempatan belajar yang banyak kepada anak. Memainkan puzzle bersama-sama pun dapat meningkatkan hubungan antara orangtua dan anak. Anak yang baru berusia 12 bulan dapat memainkan puzzle yang masih dalam tarf sangat sederhana ,misalnya puzzle dengan dua keping. Apabila anak telah menguasai puzzle yang sederhana,anak akan meminta kepingan puzzke yang lebih banyak, karena hal itu merupakan tantangan tersendiri bagi anak-anak.

Disaat anak berada pada kondisi bingung dan frustasi dalam menyelesaikan permaian karena belum dapat menemukan pasangan gambar yang sesuasi atau cocok, sebagai orang tua kita bisa menyemangati anak agar tidak patah semangat. Sehingga rasa percaya diri anak akan tumbuh kembali. Rasa percaya diri dapat menambah rasa aman kepada anak sehingga anak akan lebih aktif untuk berbartisipasi dalam berbagai kegiatan yang lain.

Manfaat bermainpuzzle  bagi anak-anak:

  1. Mengasah otak.Dengan bermain puzzle,kecerdasan otak anak akan terlatih karena permainan ini melatih sel-sel otak untuk memecahkan masalah.
  2. Melatih koordinasi mata dan tangan .Bermain puzzle melatih koordinasi tangan dan mata anak. Karena dalam menyusun puzzle  anak harus mencocokkan kepingan puzzle menjadi bentyk utuh.
  3. Melatih membaca.Membantu anak mengenal bentuk dan langkah penting menuju pengembangan ketrampilan membaca.
  4. Melatih daya nalar anak. Bermain puzzle dalam bentuk manusia akan melatih nalar anak-anak karena anak-anak akan menyimpulkan di mana letak kepala,tangan,kaki dan yang lain sesuai logika.
  5. Melatih kesabaran.Dengan bermain puzzle,kesabaran sksn terlatih karena saat bermain puzzle dibutuhkan kesabaran dalam menyelesaikan permasalahan.
  6. Pengetahuan.Dengan belajar puzzle,anak-anak akan mengenal warna dan bentuk.Anak juga akan belajar konsep dasar binatang,alam sekitar,jenis-jenis benda ,anatomi tubuh manusia dan lain-lain. ( Sumber ;Buku Permainan Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak ‘Rani Yulianty)   (  M.M Sri Indarwati)






Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :